Teknik Pengajaran Speaking/ Conversation

Teknik Pengajaran Speaking/ Conversation

Teknik Cepat Pengajaran Berbicara Bahasa Inggris (Speaking) /Conversation MUDAH dan DIJAMIN dalam 4 Bulan

Oleh: Herri Mulyono

Untuk berbicara mudah berbahasa Inggris, tidak ada yang instan.. semua ada proses nya. Beberapa waktu lalu saya diundang untuk memberikan presentasi tentang teknik pengajaran conversation di Indramayu. Hampir semua pesertanya adalah “lulusan pare” yang terkenal itu. Ketika saya berdialog bagamana cara belajar di kampung pare, saya sedikit tersenyum… “kenapa harus jauh-jauh ke Pare jika anda bisa membuatnya di sekolah anda?” saya katakan kepada peserta pelatihan. “Ikuti pelatihan saya, maka anda akan melihat siswa-siswi anda berbicara bahasa Inggris dengan baik dalam waktu yang tidak lama.”

Benar saja, setelah pelatihan, hampir semua peserta terkejut.. dengan fakta bahwa yang mereka terima selama “nyantren” di pare hanya merupakan dasar teknik penguasaan, bagian terkecil dari materi pelatihan yang saya berikan. Akhirnya, mereka pun sharing banyak hal tentang pengajaran speaking khususnya yang berkaitan dengan conversation.

Pengalaman saya selanjutnya adalah ketika saya diminta menjadi fasilitator (instruktur) pengajaran e-learning kerja sama Dinas Pendidikan dengan Sebuah lembaga terkenal di US. Dalam promosinya, mereka menjelaskan bagian terpenting yang memperlihatkan bagaimana program e-learning tersebut dapat menghasilkan siswa-siswi berbicara dalam bahasa Inggris atau dalam istilah mereka adalah “automaticity” (dapat berbicara secara otomatis setelah belajar)… mmm. cukup mengesankan. …

Rasa ingin tahu saya mengarahkan kepada teori dibalik pembelajaran e-learning tersebut. Tak ayal saya pun sedikit tersipu-sipu, karena teori yang digunakan adalah sama dengan teori yang saya berikan dalam pelatihan,…

Singkatnya, teknik pengajaran conversation yang saya berikan dibagi menjadi 3 tingkatan, … pertama apa yang saya sebut dengan guided speaking, responsive speaking dan productive speaking.

Teknik pertama guided speaking adalah dengan penekanan kepada pronunciation and limited speaking dengan clue-clue atau track yang telah direncanakan terlebih dahulu. Teknik kedua yaitu responsive speaking. ingat, kemampuan berbicara dapat distimulasi dari bacaan (berbahasa Inggris), dan bacaan sangat kaya dengan vocabualary dan struktur bahasa. Dalam teknik kedua ini, kemapuan berbicara siswa muncul dengan stimulasi bacaan ini. Teknik ketiga yaitu productive speaking. Berbicara dengan wacana yang luas dalam teknik ini merupakan tujuan utamanya, tapi, hanya dapat diperoleh apabila siswa telah menguasai kemampua speaking dari teknik pertama dan kedua telah dipamahami dan dikuasai dengan baik.

Ketiga teknik pengajaran tersebut sangat sesuai dengan kondisi kelas kecil ataupun kelas besar, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengajarkan speaking untuk jumlah siswa dengan jumlah 40 dalam sebuah ruang kelas. Ketiga teknik tersebut merupakan hasil penelitian dan observasi yang saya lakukan semenjak tahun 2002, dan saya kembangkan ketika saya mulai mendalami teknik pengajaran speaking ketika mengajarkan mata kuliah TEFL di sebuah universitas di Jakarta. Hasil nya cukup memuaskan, dan rasa puas melihat siswa kita cas cis cus dalam bahasa Inggris.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pelatihan ini silahkan hubungi saya:

Herri Mulyono,

37 comments
  1. rajul wadi said:

    saya ingin belajar banyak dari anda

  2. wiroyudhan said:

    honest speaking,i was the student of BEC in 2000. i realize that pare has changed my life with english but i am still thirsty of knowlodge. so i want you to send a simple method of learning english skill to my email, cause i have a course in my place. so i need guidance from the experienced one, thanks for your attention.

  3. ferry said:

    With all due respect, Has ‘ your finding is proven real apply in diffrent circumastances ? if TEFL is the secret Method you are talking about, please sent me a hard evidence, i’ve been Implemented for a long time, And I know it wont work well with most of Indonesian English learner

    • If you take TEFL methods from their origins, i strongly ensure you that they wont work best in your situation. There must be modification that some aspects might interfere the application concerning to your own students, cultures, and typical of your own teaching. Methods that i offer has been walking through careful observation since 1986 (initiated by my colleague, Teguh Handoko, visit http://www.e-compusoft.com). I put some additions to the method and make it appropriate and powerful in assisting students to speak.

  4. Maimun said:

    saya ingin belajar bagaimana mengarahkan setiap langkah or tahap tahap untuk mengajar speaking .

  5. Fitri Nurjanah said:

    Pak, saya tertarik dgn metode speaking Bpk. Saya butuh referensi utk PTK saya utk meningkatkan kemampuan speaking siswa STM yg pasif metode apa yg cocok. Tolong kirim ke email saya. Thanks before!

  6. saparwadi said:

    we have to understand the condition of our student

  7. carryna angel said:

    pak, saya tertarik sekali dengan metode conversation yang bapak gunakan saya ingin sekali menggunakannya untuk siswa saya. Tolong referensi ke email saya. terimakasih

  8. muhammad Syahadat said:

    There are so many method of teaching conversations that can make someone able to speak English fluently. may be including your method and someone else ‘s method

  9. gunawan said:

    sir i have some difficulties to teach conversation for young learners especially elementary level,,what kind of tricks i can apply???

    thanks

  10. iga said:

    wah saya sangat tertarik dg metode ini untuk mengajar..bisa kah krm referensi ke email saya..terimakasih

  11. Rahmad said:

    Share those methods to me so that i can use in teaching my students… Send to my email..!!

  12. ivana said:

    apa bisa kita dapat metod nya by email ya pak?
    pls share ..

  13. Langit said:

    How can we believe the chirp of the bird without knowing the the truth? perhaps, you have a better chance since you have to teach university students who have knowledge of English, but how if you have to teach someone who does not have much knowledge of English? When you want to know how Pare is, I advise you to come there. And, I ensure you that you will be much more surpirsed that you think.

    • To know about Sun does not always require you to go there.. there are many aspects of research you have to review and retrieve certain conclusion. Do you remember how people have been exploring Mars? Pare does not seem to be so unique as before hand Gontor and some other places have already proven what is going on.. and I bet you do recognize the one made the english community there.. His background? Gontor?.. you absolutely right

  14. amiruddin said:

    i’m actually teacher of english in senior high school but until now i’m still searching the best way to teach.. i wish 80% of my students able to speak english well with this teaching methode. so… could you please help me to tell me the way you teach..?

  15. Yosef said:

    Salam, pak saya adalah guru bhs inggris di sby, saya mau minta referensi agar murid-murid saya bisa berbicara bhs inggris dgn baik dan benar. Saya mau bljr juga melalui metode bpk selama ini. Tq.

  16. Kami sedang menyusun buku untuk memberikan pedoman pengajaran speaking dalam bahasa Indonesia. Setelah terbit akan kami publikasikan.

    Terima kasih atas ketertarikannya terhadap metode saya

    • yosef said:

      slmt siang pak heri, saya mau tanya sdh 3 bln ini saya mengajar inggris di suatu perusahaan tp mrk msh bingung ttg pemahaman grammar. Saya cb setel pake video supaya mrk ngeh gt tp agak lambat respon-nya. Apa saya salah ya, tlng masukan dr bpk heri, tq.

      • mengajar bahasa Inggris untuk karyawan kadang unik juga ya mas Yosef, karena beberapa hal: 1) mereka biasanya kursus setelah kerja, artinya faktor “Lelah” menjadi perhatian khusus, 2) dari mereka yang datang, banyak yang dikarenakan faktor “Wajib” dari atasan, sehingga motivasi kurang.

        Seringkali para pengajar bahasa Inggris, memulai pembelajaran dengan pengenalan grammar, sehingga pembelajaran terkesan “matematis”. Bahasa tidak selalu seperti itu mas, grammar boleh diajarkan, tapi sebagai sebuah komponen pendukung saja. Saran saya, mulailah dengan “English Function”, kemudian dukung dengan “Vocab” dan perkaya dengan “Grammar”. Semoga manfaat

  17. i do interest with your teaching method, send me the literature about it please

  18. Jika buku anda sudah terbit. hub kami pak ya… thanks…..

  19. Marta said:

    I interested with your method,..can you sent me your method to my email??? I want to use it. thank you

  20. ruli supriyanti said:

    honestly i still confused how to teach english conversation,,,coz my students haen’t been master in vocabularies…and they always think about the difficult one.

  21. ndari said:

    I thinks, every student needs their appropriate method…that is different with each other..

    • yes of course, every student has his/her own uniqueness yet the language acquisition and learning as well are relatively similar :)

      • Martha said:

        ada yang punya buku/artikel tentang tehnik pengajaran chains word,..aq mau buat skripsi, kurang reference. thanks be 4.

  22. Alfonso Siahaan said:

    Hi I am very interesting to your method, would you please send to me by email
    thanks

  23. cheellie said:

    would u like to send me your method and some lesson that can be teaching in conversation class for adult… it is so make me stuck for teaching English conversation in class.

  24. del said:

    I do interested in your method. I’d like to apply it to my English class. would you like to send me the literature, please? thanks in advance.

  25. jasri said:

    tolong, kirim ktiga tehnik pngajaran bapk k email sy,.
    Please,..
    Thank’s before.

  26. siti komariah said:

    saya baru setahun ini jadi guru bahasa inggris di sebuah smp swasta, saya sangat tertarik sekali dengan tehnik pengajaran tersebut, bisa tolong bapak emailkan ke saya ?

  27. Ayu Rahayu said:

    metode yang menarik. bisa tolong kirimkan penejlasannya di email saya, pak?
    terima kasih sebelumnya

  28. Ika said:

    saya juga sangat tertarik dengan metode bpk,,,, tolong reverensinya di kirim ke email saya pak.. :). terimakasih

  29. windrawati said:

    Sepertinya menarik sekali pak, saya guru di daerah pedalaman dan berharap siswa siswi saya juga bisa lebih memahami bahasa inggris hingga berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik tolong reverensinya pak kirimkan lewat email saya, trim’s

  30. Desy Alik Kusumawardhani said:

    actually I can’t get the point when I red your article.. but I really want to know and try about your method, can you explain me more about your method?? I have difficulties in teaching speaking English for young learner especially in Elementary school.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 55 other followers

