Penulisan Laporan Penelitian (Skripsi)

Penulisan Laporan Penelitian (Skripsi)

Oleh: Herri Mulyono

Sangat menarik ketika pada suatu saat saya membaca sebuah karya ilmiah penelitian oleh saudara Ahmad Lukman, salah seorang mahasiswa UNJ Jakarta. Dalam kata pengantarnya saudara Lukman menuliskan bahwa seyogyanya penulisan karya ilmiah (skripsi) yang ia lakukan selama beberapa semester dapat diselesaikan dengan waktu yang sangat singkat, sekurang-kurangnya hanya tiga bulan saja. Hal ini dapat dilakukan, katanya, hanya jika seseorang telah memahami hakikat penulisan karya ilmiah dan prosedur bagaimana melakakukan penelitian tersebut. Benarkah demikian?

Saya sendiri menyelesaikan proses penulisan laporan penelitian (skripsi) dalam dua semester, walaupun pada akhir semester pertama dalam proses penulisan laporan penelitian tersebut saya sebenarnya bisa langsung mengikuti sidang skripsi. Pembimbing saya, ibu Banu Pratitis, MA., PhD (semoga Allah membalas jasa-jasa baiknya) pada waktu itu menanyakan hal yang cukup membuat saya tercengang, “apakah anda terburu-buru menyelesaikan skripsi ini? Apakah mau langsung ikut sidang?” Sebagai mahasiswa S1 tentu jawabannya adalah “iya” walaupun saya tidak mengatakan itu secara eksplisit kepada beliau. Tapi kemudian ibu Banu Pratitis memberikan pola bimbingan yang pada hakekatnya adalah mengajarkan arti kedewasaan dimana seseorang harus mampu memiliki tanggung jawab penuh atas setiap tindak tanduk yang ia telah lakukan selain ia harus memiliki perencanaan, implementasi serta evaluasi terhadap setiap aktivitas hidupnya. Kembali pada pembahasan penulisan laporan penelitian (skripsi), pada tahapan akhir kemudian saya menemukan kesamaan dalam pola bimbingan yang dilakukan oleh ibu Banu Pratitis dengan pernyataan yang diberikan oleh Ahmad Lukman, yaitu bahwa pengetahuan mahasiswa tentang penulisan skripsi, pelaksanaan penelitian, dan prosedur implementasinya menentukan cepat lambatnya proses penyelesaian penulisan laporan hasil penelitian atau sering disebut dengan skripsi.

Dalam tulisan ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan anda (terutama yang sedang melalui proses penulisan laporan penelitian atau skripsi) tentang bagaimana penulisan laporan penelitian atau skripsi tersebut dapat diselesaikan dengan cepat. Uraian yang saya berikan bersifat universal dimana anda dapat mengikutinya tanpa harus memperhatikan jurusan studi anda, baik jurusan matematika, fisika, bahasa inggris, kedokteran, kimia, pendidikan dan lain sebagainya.

1. Temukan masalah atau pertanyaan-pertanyaan yang akan dijadikan topic penelitian bukan pada di semester anda mengambil mata kuliah seminar ataupun skripsi.

 

————————————————————————————–

3 thoughts on “Penulisan Laporan Penelitian (Skripsi)

  1. Pada hakikatnya skripsi itu adalah sebuah bentuk laporan tetapi dengan sistematika yang telah ditentukan (konvensi) adalam dunia akademis.

    Panduan yang telah saya uraikan dalam artikel diatas dapat mas andi jadikan dasar atau landasan dalam menuliskan laporan yang mas andi maksudkan. Walaupun demikian, setiap lembaga pendidikan memiliki ciri khas tertentu yang membedakannya dengan lembaga pendidikan yang lain.

    Terima kasih mas andi telah membaca artikel saya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s