Penulisan Laporan Penelitian (Skripsi), Bagian ke-2

Penulisan Laporan Penelitian (Skripsi), Bagian ke-2

Oleh: Herri Mulyono

4. Pada saat anda mengambil mata kuliah penelitian, jadikan topic masalah anda sebagai bahan latihan.

Artinya, dengan menjadikan topic tersebut sebagai bahan latihan penelitian anda dengan membuat sebuah pra-penelitian dengan sample dan populasi tidak real. Dengan menjadikan bahan latihan anda akan mendapatkan gambaran umum tentang tingkat kesukaran statistic yang mungkin anda akan temukan ketika melakukan penelitian sesungguhnya.

5. Jadikan topic masalah anda sebagai bahan proposal penelitian dalam mata kuliah seminar.

Beranikan diri anda untuk maju mempresentasikan proposal dari topic masalah yang anda telah persiapkan sebelumnya. Hindari setiap perubahan mendasar yang mungkin anda terima ketika anda mulai men-seminarkan topic masalah penelitian anda seperti perubahan variable, misalnya. Jika anda menemukan masalah mendasar yang sangat perlu dirubah maka mintalah panduan dosen yang bersangkutan untuk mematangkan topic masalah anda, bukan sekedar merubah dan memulai sebuah topic permasalahan baru. Biasanya, topic permasalahan penelitian hanya akan bisa berubah jika memang konsepnya tidak matang, atau terbuka banyak celah untuk dipertanyakan atau dibantah oleh dosen atau mungkin teman anda sendiri. Hal ini berarti anda tidak memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi seminar proposal penelitian dengan topic permasalah tersebut, maka anda harus mengulangnya dari awal lagi. Dan jika hal ini terjadi, maka anda hanya akan membuang-buang waktu studi.

6. Jika anda telah lolos seminar proposal penelitian, maka selanjutnya adalah mencari teori-teori yang relevan dengan masalah penelitian anda khususnya teori terkait dengan variable-variabel yang ada dalam penelitian anda serta pengaruh atau hubungan antar keduanya.

Mungkinkah anda pergi ke perpustakaan dan membaca 20 buku dalam waktu kurang dari 2 jam?

Jawabannya adalah MUNGKIN. Bagaimana caranya?

Telusuri setiap judul buku yang mungkin memiliki uraian teori yang anda butuhkan. Caranya adalah boleh dengan catalog ataupun dengan computer yang berisi data base buku-buku perpustakaan. Catatlah setiap nomor panggil buku tersebut. Ingat, anda harus dapat mencatat sebanyak-banyaknya.

Pergilah ke lokasi untuk mencari buku dengan nomor panggil yang telah anda miliki. Kumpulkan buku-buku tersebut dalam satu tempat, atau meja baca. Pertama, baca daftar isinya. Jika dalam daftar isi terdapat materi yang menjelaskan topic masalah anda, maka segeralah pergi ke halaman tersebut dan ambil poin pentingnya. Tandai halaman pada buku tersebut yang mengandung penejelasan teori tentang masalah anda dan lanjut kepada buku yang lain.

Jika anda tidak dapat menemukannya dalam daftar isi, pergilah pada halaman index yang terdapat pada bagian akhir buku. Halaman index berisi kata-kata utama yang digunakan buku tersebut dalam menjelaskan tiap bab atau sub bab. Carilah kata-kata yang berkaitan dengan variable penelitian anda pada halaman index. Halaman index kemudian akan memberi tahukan anda pada halaman berapa kata-kata itu berada. Jika anda telah menemukannya, pergilah pada halaman buku dan bacalah. Tandai halaman pada buku tersebut dan lanjutlah kepada buku yang lain.

Jika anda tidak menemukan halaman pada bagian daftar isi dan halaman index, jangan langsung menyerah. Bukalah daftar buku tersebut dan carilah buku referensi yang diberikan oleh pengarang buku tersebut.

Jangan langsung pulang dengan catatan anda. Pergilah ke bagian foto copy perpustakaan dan buatlah copy dari setiap halaman buku yang anda ambil. Yang perlu di foto copy adalah halaman judul, halaman terbit, daftar isi, dan halaman buku yang membicarakan variable penelitian anda. Mengapa demikian? Karena seringkali dosen penguji mencari ulang yang aneh-aneh dengan meminta bukti dari buku referensi yang telah anda baca.

7. Selanjutnya anda harus mempikirkan bagaimana menyusun instrument penelitian

Ketika mencari teori-teori pendukung biasanya anda akan mendapatkan gambaran umum atau indikator-indikator yang dapat anda gunakan dalam menyusun instrument pengumpul data penelitian.

8. Bacalah buku-buku penelitian untuk mencari tahu bagaimana anda harus mengolah data.

Jika anda tertarik dengan statistika, bacalah buku-buku yang menjelaskan tentang prosedur pengolahan data penelitian, salah satunya adalah “Kumpulan contoh analisa data penelitian.” Namun, hal ini bukan sebuah keharusan bagi anda yang memiliki minat yang rendah terhadap kompleksitas statistic dalam pengolahan data. Anda dapat meminta “bantuan” kepada mereka yang bisa mengolah data penelitian anda (tentunya anda harus bersikap “fair” bahwa anda memang dibantu) baik dengan software SPSS ataupun dengan “teman penelitian anda.”

Yang perlu diperhatikan adalah, walaupun anda memang dibantu oleh seorang “kawan”, mintalah kawan anda tersebut untuk mengajarkan anda prosedur pengolahan data. Jangan hanya terima beres hasil olahan data. Hal ini dapat berakibat fatal karena nantinya anda dapat saja dituduh menjiplak skripsi orang.

9. Yang terakhir adalah, baca kembali hasil penulisan skripsi anda dari awal hingga akhir bagian kesimpulan. Lalu buatlah bagian abstraknya.

————————————————————————————-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s